Sabtu, 08 September 2012

Inilah Robot Raksasa Kumbang Tanduk hasil karya Orang Jepang

Orang-orang jepang memang sangat kreatif, setelah sebelumnya saya pernah menunjukkan video pertarungan origami yang cukup unik dan lucu, kali ini saya ingin menunjukkan karya yang lebih besar dan hebat lagi yaitu robot kumbang tanduk berukuran raksasa. Memang sebelumnya jepang sudah pernah membuat yang serupa seperti Gundam raksasa yang terlihat megah, hanya saja kali ini orang jepang bukan sekedar membuat patung tapi benar-benar robot raksasa yang bisa bergerak!


Seorang Insinyur jepang berumur 60 tahun bernama Hitoshi Takahashi berhasil membuat sebuah robot kumbang tanduk yang diberi nama KABUTOM RX-03. Robot ini memiliki penopang berupa 6 buah kaki, panjang mencapai 11 meter serta berbobot 17 ton.


Yang sangat luar biasa dari robot ini adalah dia tidak hanya diam saja seperti miniatur atau sekedar menumpang di mobil seperti parade, tetapi robot ini benar-benar bergerak menggunakan ke 6 kakinya! Selain itu yang unik robot ini juga bisa mengeluarkan semacam asap dari moncongnya, kerenkan?


Takahashi mulai mengembangkan robot kumbang ini mulai tahun 1997 dan berjuang keras selama 11 tahun untuk menelitinya. Sampai akhirnya pada tahun 2008 dia berhasil menunjukkan robot kumbang tanduk kreasinya ini dan menjadi berita paling hot di jepang.


Membuat robot 6 kaki bisa berjalan dengan baik memang sangatlah susah namun Takahashi berhasil melakukannya. Takahashi memberikan rahasianya bahwa untuk membuat robot ini terlihat berjalan maka dia hanya perlu untuk memberikan dorongan ke arah yang benar. Lebih lanjut lagi takahashi menyatakan rahasia terbesarnya juga ada pada roda yang ada dibawahnya sehingga bisa membawa sang robot bebas kearah manapun yang dikehendaki.


Robot ini selain juga mempunyai kontrol panel yang terlihat keren didalamnya dan mampu membawa cukup banyak orang untuk berjalan bersamanya, ternyata juga mampu dijalankan melalui remote kontrol layaknya mainan. Nah yang penasaran gimana aksi Robot Kumbang KABUTOM RX-03 karya Hitoshi Takahashi berikut adalah videonnya.



Thanx to Sumber :  
  • http://www.odditycentral.com/pics/kabutom-rx-03-japans-giant-rhinoceros-beetle-robot.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar